Yok Opo Sich Belajar Efektif Itu?


Doc1

Belajar ternyata juga ada tipsnya lo! Penasaran, baca yang berikut.

 

ü  Baca kembali apa yang diajarkan bapak/ibu guru hari ini. Buat ringkasan materi menurut bahasamu sendiri. Ini akan memudahkan kamu untuk memahami kembali materi pelajaranmu hari ini. Baca juga materi yang akan diajarkan besok pagi. Buat kerangka dan catatan singkat. Jadi ketika Bapak/ibu guru membahasnya besok pagi, kamu sudah punya gambaran tentang garis besar materi yang diajarkan. Jadi tidak blank dong.

ü  Berusahalah untuk berkonsentrasi penuh ketika Bapak/Ibu guru membahas materi pelajaran. Sedapat mungkin hindari memikirkan hal-hal yang dapat merusak konsentrasi kamu. Apaya ini akan memudahkan kamu memanggil kembali pelajaran itu ketika kamu berniat menghafalnya.Doc2

ü  Catatan mesti rapi dan tersusun pada buku yang berbeda pada setiap mata pelajaran. Tulis bab per bab, bagian per bagian untuk memudahkan mempelajarinya. Jangan mencampur adukkan catatan materi yang berbeda pada satu buku sebab tindakan demikian otak kita ikut morat-marit.

ü  Belajar bukan berarti harus membaca atau menulis. Mengajari teman, mendengarkan teman yang sedang membaca dan berdsikusi juga termasuk bagian dari cara belajar yang efektif. Dengan berdiskusi dan mengajari teman maka pemahaman kita terhadap materi pelajaran akan semakin bagus dan bertambah.

ü  Ada kalanya gambar ilustrasi dapat membantu pemahaman kita terhadap materi pelajaran tertentu. Jika memang demikian maka buatlah gambar ilustrasi pada materi bersangkutan. Atau bisa juga berbentuk pohon materi, denah, table, bagan dan sejenisnya.

ü  Bagi tiap orang waktu belajar tidak bisa dipaksakan. Pilih waktu belajar yang menurutmu paling pas. Belajar tidak harus malam hari, namun bisa pagi atau siang hari.

ü  Belajar sambil mendengarkan music asyik juga lo! Pilih music yang tenang tapi menggugah seperti music klasik atau sekekar iringan instrument ala Kenny G. Hindari music yang menghentak-hentak semacam rock atau dangdut, sebab nanti malah gak jadi belajar tapi malah berjingkrak-jingkrak. Jadi gak sehaluan dengan niat pertama untuk belajar khan.

Belajar ada rumusnya juga lo! 1 x 6 lebih baik dari pada 6 x 1. Kamu tahu artinya rumus ini? Ternyata belajar 1 jam tiap hari selama 6 hari berturut-turut jauh lebih baik dan efektif dari pada belajar 6 jam sehari tanpa berhenti. Nah, makanya jangan biasakan system SKS (Sistem Kebut Semalam). Baru mau belajar mati-matian jika esok hari akan ada ulangan. Itu namanya “bunuh diri!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: